Sumber Daya Manusia

Dana Pensiun Pos Indonesia menyadari bahwa keberadaan sumber daya manusia (SDM) merupakan faktor penting dalam rangka mendukung sekaligus mewujudkan tujuan serta visi dan misi sebagai penyelenggaraan Dana Pensiun Program Pensiun Manfaat Pasti.  Dana Pensiun Pos Indonesia senantiasa melakukan pengelolaan dan perencanaan pengembangan SDM yang dilakukan secara menyeluruh dan terukur. Hal ini dilakukan agar program pengembangan SDM bisa tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan serta tantangan yang dihadapi. Dengan pengelolaan SDM yang terencana dan terukur Dana Pensiun Pos Indonesia meyakini akan menghasilkan SDM yang kompeten, berkinerja unggul, serta berdaya saing yang mampu menghadapi berbagai tantangan.

Kebijakan Umum Sumber Daya Manusia

Dana Pensiun Pos Indonesia senantiasa menempatkan Karyawan sebagai aset penting sebagai pelaksana pengelolaan dana pensiun berdasarkan prinsip Tata Kelola Dana Pensiun Yang Baik, memiliki kinerja dan integritas tinggi, sehingga dipercaya oleh para stakeholders Dana Pensiun Pos Indonesia. Komposisi Karyawan Dana Pensiun Pos Indonesia terdiri dari Karyawan Organik dan Karyawan Pengkaryaan dari PT. Pos Indonesia (Persero). Perekrutan Karyawan Dana Pensiun Pos Indonesia dilakukan berdasarkan kebutuhan serta kemampuan Dana Pensiun Pos Indonesia dengan memperhatikan latar belakang pendidikan maupun pengalaman sehingga diharapkan dapat mendukung operasional Dana Pensiun Pos Indonesia untuk mencapai kinerja terbaiknya.

Komposisi Karyawan Dana Pensiun Pos Indonesia

Hingga akhir Desember 2021, jumlah Karyawan Dana Pensiun Pos Indonesia tercatat sebanyak 29 (dua puluh sembilan) Karyawan, berikut disajikan demografi karyawan Dana Pensiun Pos Indonesia per 31 Desember 2021:

  • Komposisi Karyawan berdasarkan Jabatan

Karyawan_berdasarkan_Jabatan

  • Komposisi Karyawan berdasarkan fungsi

Karyawan_berdasarkan_Fungsi

  • Komposisi Karyawan berdasarkan Pendidikan

Karyawan_berdasarkan_Pendidikan

  • Komposisi Karyawan berdasarkan Usia

Karyawan_Berdasarkan_usia

 

Strategi dan Realisasi Pengembangan SDM Tahun 2021

Dalam rangka mewujudkan tujuan, visi dan misi Dana Pensiun Pos Indonesia memberikan perhatian penuh pada peningkatan produktivitas dan kapabilitas Pekerja melalui pelaksanaan pelatihan dan pendidikan, baik melalui program internal maupun eksternal. Guna memenuhi kompetensi, Dana Pensiun Pos Indonesia senantiasa mengikutsertakan karyawan dalam sejumlah kegiatan pelatihan maupun workshop untuk   menunjang kinerja Dana Pensiun Pos Indonesia.  Selama tahun 2021 karyawan Dana Pensiun Pos Indonesia mengikuti berbagai kegiatan pelatihan berupa seminar maupun workshop untuk pengembangan kompetensi, yang sebagian besar dilakukan melalui zoom meeting, maupun webinar.

Rekrutmen dan Perputaran Pekerja Dana Pensiun Pos Indonesia

Pada periode tahun 2021 tidak terdapat proses rekrutmen atau penerimaan karyawan baru yang dilaksanakan oleh Dana Pensiun Pos Indonesia. Akan tetapi, pada periode tahun 2021 telah dilaksanakan mutasi/perputaran posisi jabatan pekerjaan untuk tujuan penyegaran/refresh.  Sikap mental Karyawan memiliki peran signifikan terhadap perilaku perusahaan serta akan memberi corak pada keanekaragaman pola pikir.  Dari sikap yang timbul tersebut dan telah berkembang membentuk pola kebiasaan yang dianggap wajar di perusahaan, Dana Pensiun Pos Indonesia membentuk budaya perusahaan, yang terdiri dari budaya bersih dan budaya produktif yang diadaptasi dari budaya Pendiri yang terangkum dalam “AKHLAK” yaitu Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif.  Seluruh Pekerja harus menjiwai budaya perusahaan ini sebagai penuntun perilaku sehari-hari yang didukung sikap mental positif. Dengan menerapkan secara sungguh-sungguh budaya perusahaan ini, diharapkan akan terbentuk profesionalisme dalam pengelolaan dan pengawasan di lingkungan Dana Pensiun Pos Indonesia sehingga pelayanan kepada Peserta dapat meningkat.

Remunerasi Karyawan

Dana Pensiun Pos Indonesia membayarkan remunerasi kepada Karyawan sebagai bentuk balas jasa Dana Pensiun Pos Indonesia kepada Karyawan. Remunerasi Pekerja terdiri dari upah/gaji, upah lembur, hadiah/bonus, tunjangan dan asuransi.

Penghargaan

Sebagai bentuk penghargaan kepada Karyawan atas loyalitas dan dedikasi yang telah diberikan kepada Dana Pensiun Pos Indonesia, Dana Pensiun Pos Indonesia memberikan penghargaan kepada beberapa karyawan yang telah mendedikasikan masa kerjanya kepada perusahaan.

Pengembangan SDM

Selama tahun 2021, Dana Pensiun Pos Indonesia telah menyusun berbagai program pengembangan kompetensi SDM guna melahirkan insan karyawan yang handal. Dana Pensiun Pos Indonesia mengikutsertakan Pekerja pada berbagai kursus dan pelatihan, terutama pelatihan bersertifikasi guna meningkatkan kualitas, keahlian, dan kompetensi untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas-tugas, dan tanggung jawab pekerjaan, meliputi pelatihan, zoom meeting maupun web seminar.

whatsapp