Makna Logo

Logo_Dapenpos_1

 

Makna Logo ditetapkan dalam Keputusan Pengurus Dana Pensiun Pos Indonesia Nomor: 86/SK/DIRUT/0915 tanggal 21 September 2015 tentang Panduan Logo Dana Pensiun Pos Indonesia. 

BENTUK LOGO
Bentuk lengkungan menyerupai bulan sabit dan di atasnya terdapat bulatan merupakan gambaran 3 (tiga) pihak yang terkait dengan pengelolaan Dana Pensiun Pos Indonesia yaitu:
a. Pemerintah, Pendiri, Pengurus atau
b. Pendiri, Dewan Pengawas, Pengurus atau
c. Pendiri, Pengurus, Peserta atau
d. Dewan Pengawas, Pengurus, Peserta atau
e. Pendiri, Pengurus, Karyawan atau
f. Peserta, Istri/suami, Anak atau
g. Pensiunan, Pensiunan Janda/Duda, Pensiunan Anak.

WARNA LOGO
Warna Orange
a. Merupakan warna korporat yang mempresentasikan identitas PT Pos Indonesia (Persero) sebagai Pendiri Dapenpos;
b. Menunjukkan kehangatan, antusiasme, persahabatan, pencapaian bisnis, kesuksesan, daya tahan, sesuatu yang tumbuh dan independensi.
Warna Biru
Menunjukkan komunikasi, kebijakan, perlindungan, dinamis, kreativitas, berbagi, persahabatan, harmoni, dan kasih sayang.

JUMLAH BENTUK LOGO
Jumlah bentuk desain sebanyak 6 (enam) buah mengandung makna bahwa Dapenpos dalam menjalankan fungsinya selalu berpedoman pada 6 prinsip yang disingkat TARIF P, yaitu:
1. Transparancy (keterbukaan informasi)
Memberikan keterbukaan informasi dengan menyediakan informasi yang cukup, akurat, tepat waktu kepada segenap stakeholder-nya.
2. Accountabilitiy (akuntabilititas)
Memberikan kejelasan fungsi, struktur, sistem, dan bentuk pertanggungjawaban elemen organisasi.
3. Responsibility (pertanggungjawaban)
Memberikan pertanggungjawaban Dapenpos dalam bentuk kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku kepada stakeholder-nya.
4. Independency (kemandirian)
Memberikan jaminan Dapenpos dikelola secara profesional tanpa ada benturan kepentingan dan tanpa tekanan atau intervensi dari pihak manapun yang tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku.
5. Fairness (kesetaraan dan kewajaran)
Memberikan jaminan perlakuan yang adil diantara beragam kepentingan dalam memenuhi hak stakeholder sesuai dengan peraturan yang berlaku.
6. Professional
Memberikan jaminan bahwa Dapenpos dikelola oleh individu-individu yang mempunyai kompetensi, menguasai bidang pekerjaannya dan memenuhi syarat yang diperlukan di dalam pengelolaan dana pensiun.

Prinsip-Prinsip Penerapan Logo
1. Agar makna Logo dapat dijaga dan selalu dipahami oleh seluruh karyawan, dan untuk menjaga citra Dapenpos, maka penerapan Logo pada berbagai aplikasi harus dilakukan secara benar dan konsisten;
2. Logo wajib diupayakan menggunakan tampilan utama;
3. Pada prinsipnya Logo harus tampak jelas ketika diterapkan dalam berbagai media dan warna latar belakang.
4. Tampilan lain selain tampilan utama dapat digunakan untuk kepentingan dan kondisi sebagai berikut:
a. Aplikasi Logo pada bidang sempit/bergerak;
b. Aplikasi Logo untuk kepentingan iklan dan promosi dan materi branding lainnya, memilih penerapan Logo yang disarankan sesuai dengan kebutuhan.
c. Aplikasi pada barang cetak dan barang-barang lainnya dengan memenuhi prinsip pada butir c di atas.
d. Aplikasi pada surat menyurat dapat menggunakan Logo pada kop surat berwarna dan hitam putih.
5. Untuk menjaga konsistensi bentuk dan warna Logo, maka pembuatan Logo harus dilakukan dengan cara menyalin dari file artwork Logo yang disediakan dalam format digital.
6. Untuk memperbesar dan memperkecil Logo harus dilakukan secara proporsional sehingga perbandingan ukuran dan bentuk Logo tidak berubah.

Keterangan Tampilan lain Logo pada media sempit
1. Yang dimaksud dengan bidang sempit yaitu dimensi bidang media atau dimensi bidang berwarna yang dibuat sebagai bidang dasar penempatan Logo.
2. Pada bidang sempit yang tidak memungkinkan tulisan "dapenpos" diletakkan di bawah posisi Logo, maka tulisan "dapenpos" diletakkan dengan posisi tepat di Logo atau di depan Logo.
3. Warna Logo terdiri dari kombinasi warna orange dan biru, tulisan "dapenpos" berwarna orange.

whatsapp