Berita
SOSIALISASI POS GIRO MOBILE
SOSIALISASI POS GIRO MOBILE
Senin, 14 Oktober 2019 09:10 WIB | Dibaca 30 kali
SOSIALISASI POS GIRO MOBILE

Bertempat di ruang rapat Dapenpos Jl.Tasikmalaya No. 1 Bandung, pada hari Rabu tanggal 9 Oktober 2019 pukul 14.00 s/d 16.00 WIB diadakan acara Sosialisasi Pos Giro Mobile yang diikuti oleh Dewan Pengawas Dapenpos, Pengurus Dapenpos dan karyawan/ti Dapenpos serta Direksi dan karyawan/ti Anak Usaha Dapenpos.

 

Pada kesempatan ini PT Pos Indonesia (Persero) bagian Strategic  Bisnis Unit (SBU) mempresentasikan layanan terbarunya yaitu Pos Giro Mobile yang lebih fleksible bisa terintegrasi dengan bank, merchant-merchant dan pihak-pihak yang lain, sehingga dengan mempunyai rekening Giro bisa melakukan banyak hal seperti transfer, pembayaran bahkan ke depannya bisa belanja di Indomaret dengan menggunakan rekening Giro. Juga bisa menggunakan virtual account untuk membayar uang sekolah dan lain-lain.

 

Giro Pos ini diaturan khusus dalam Undang-undang nomor 38 tahun 2009, dimana Pos mempunyai kewenangan untuk melaksanakan LTK (Layanan Transaksi Keuangan) yang kegiatannya berupa kegiatan penyetoran, penarikan, pemindahbukuan, pembayaran dan distribusi dana dalam bentuk Giro Pos. Visi ke depan bagaimana supaya Giro Pos  ini sebagai backgroud account PT Pos Indonesia yang mempuyai 3 payment channel yaitu Direct Online dengan Pos Giro Mobile, Online to Offline untuk keagenan dengan Mobile Agenpos dan yang ketiga kerjasama dengan komunitas.

 

Layanan Giro ini sudah didukung oleh Core Giro System atau kalau di perbankan disebut Core Banking System. Perbedaan Giro yang lama dengan sekarang, sudah fleksible dengan perkembangan bisnis dalam konteks Giro kita ini bisa diterima untuk layanan sejenis perbankan. Dimulai dengan layanan ritel gironya, mobile servisnya, juga ada virtual account. Dengan perubahan teknologi saat ini kita bisa mengubah model transaksi dari yang sifatnya cash to cash bergerak ke mobile non tunai.  Saat ini BI sedang gencar untuk melakukan kampanye gerakan non tunai. Harapannya Giro Pos ini bisa menjembatani  program pemerintah dalam distribusi keuangan dalam bentuk non tunai.

 

Keuntungan dari layanan Pos Giro Mobile, bisa terkoneksi dengan berbagai bank meskipun saat ini pada fiturnya baru bank BCA, BNI, Mandiri, BTN dan BNI Syariah; Giro Pos tanpa bunga; Fitur lebih lengkap karena bisa bertransaksi apapun dengan satu aplikasi sebagai mobile service.

Mobile  service /  Pos Giro Mobile bisa digunakan :

  1. Untuk menyimpan uang.
  2. Dipakai dalam berbagai transaksi seperti kirim uang dengan weselpos instant jika penerima tidak memiliki akun giro dan bisa melalui rekening giro lagi.
  3. Layanan Bill payment ada 400 biller yang sudah terintegrasi dengan aplikasi Pos Giro Mobille, mulai dari pembayaran listrik, air, pulsa, TV kabel, multifinance dll.
  4. Fitur Q Arcode yang sudah digunakan di kantin pos Jl.Banda dan masjid Assalam Kantor Pos Jl. Banda.

 

Ada 2 jenis Giro Pos Mobile yaitu Giro Pos Lite dan Giro Pos Regular. Giro Pos Lite bisa di install lewat play store  tinggal memasukan NIK dan mendapat kode otentifikasi melalui SMS dengan jumlah saldo sampai 10 juta,  sedangkan Giro Pos Regular pendaftaran hanya bisa dilakukan di Kantor Pos Kprk seperti di perbankan dengan jumlah saldo unlimited. (sms).

Peserta
Tidak Bisa Masuk ?
Catatan :
Isi No. Peserta dan Kata Sandi dengan Nippos atau Nopen Anda.

Agenda kegiatan
Jumlah Peserta / Agustus 2019

Peserta Aktif = 12.145 orang
Peserta Yg Berhak atas Pensiun
Ditunda = 434 orang
Pensiunan = 19.912 orang