Berita
PENGAJIAN RUTIN TRIWULANAN
PENGAJIAN RUTIN TRIWULANAN
Kamis, 04 April 2019 03:13 WIB | Dibaca 156 kali
PENGAJIAN RUTIN TRIWULANAN

” IKHTIAR DAN DOA ”

 

Bertempat di Ruang Rapat Dapenpos Jl. Tasikmalaya No. 1 Bandung, pada hari Jumat tanggal 22 Februari 2019 disuasana siang menjelang sore diselenggarakan pengajian triwulanan sebagai bagian dari upaya manajemen untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan seluruh karyawan/karyawati Dapenpos.

Acara dimulai pada pukul 13.30 WIB diikuti oleh seluruh karyawan dan karyawati beserta Pengurus serta Dewan Pengawas Dapenpos sampai menjelang sholat Ashar.

 

Penceramah pada pengajian triwulanan kali ini adalah ustadz Ahmad Humaidi, atau yang akrab dipanggil “ustadz Ahum”. Beliau adalah Dosen STAIPI Bandung, aktif sebagai Ketua Pusat Studi Dakwah Al Mustanir Bandung, Pembimbing Haji dan Umrah  Al Ittihad Tour and Travel dan masih banyak lagi kegiatan beliau.   Materi ceramahnya sangat menarik yaitu mengenai  ”Ikhtiar dan Doa

 

Kenapa harus ikhtiar ? Karena ikhtiar itu ibadah. Doa itu ibadah, dalam hadist Rasulullah SAW yang mengubah takdir itu adalah doa, bunyi hadist tersebut adalah” Tidak ada yang bisa menambah kepada umur kecuali kebaikan dan tidak ada yang bisa menolak qodar kecuali doa “. Rasulullah SAW bersabda : “ Sesungguhnya seseorang itu sungguh diharamkan rizki dengan dosa yang dia kerjakan “, jadi kalau orang itu ikhtiar kuat tetapi dia berdosa maka rizkinya diharamkan atau dihalangi. Makanya kita tidak hanya mengandalkan ikhtiar tetapi juga doa, karena doa dan ikhtiar disebut tawakal.

Al-Qur’an surat Al-Jumu’ah ayat 10 : “Apabila shalat sudah ditunaikan, maka bertebaranlah di muka bumi cari olehmu karunia Allah, berdzikirlah kepada Allah yang banyak agar kalian bahagia”. Dalam tafsir : “ Banyaklah dzikir kepada Allah, karena memperbanyak dzikir itu adalah sebab paling besar untuk meraih kesuksesan”. Dalam tafsir nurul bayan “ Sesungguhnya Allah itu tidak merubah nasib suatu kaum dari kesehatannya dan kenikmatannya sampai dia merubah dirinya sendiri sampai dia meninggalkan syukur sampai dia juga merubah dari keadaan yang baik menuju keadaan yang buruk.” Ini dalil ikhtiar untuk terus beribadah, ikhtiar untuk terus malakukan kebaikan. Allah SWT menghargai orang yang ikhtiar sampai menyebutnya jihad. Dalam hadist yang lain “Jika seseorang keluar rumah berusaha untuk anaknya yang masih kecil, berusaha untuk kedua orangtuanya maka ia sedang berada di jalan Allah SWT, jika dia keluar berusaha untuk dirinya sendiri agar ia tidak meminta-minta termasuk dijalan Allah SWT.”

 

Mengapa harus berdoa :

1. Allah mencintai orang yang berdoa

2. Allah sangat dekat dengan orang yang berdoa

3. Doa merupakan saripati ibadah

4. Doa memiliki kekuatan yang sangat dahsyat

5. Membuat hati terfokus kepada Allah SWT

6. Doa merupakan sandaran yang lemah kepada yang Maha Kuat

7. Manusia tidak bisa memprediksi masa depan dengan tepat dan akurat

8. Sikap kepasrahan seorang hamba yang shaleh dan produktif.

 

Mengapa harus Ikhtiar :

1. Ikhtiar merupakan ibadah

2. Menjaga dinamisasi hidup

3. Meraih masa depan agar lebih cerah

4. Mengembangkan potensi hidup

5. Merupakan ciri manusia hidup

6. Menjaga sunnah para nabi.

 

Pilar bekerja adalah :

1. Bekerja dengan ikhlas agar kita bisa bekerja dengan maksimal

2. Bekerja dengan keras

3. Bekeja dengan cerdas

4. Bekerja dengan mawas

5. Bekerja dengan tuntas

Jika semua itu dilakukan insya Allah ikhtiar kita baik, doa kita baik.

 

Semoga kita termasuk orang-orang yang senantiasa berikhtiar untuk terus beribadah dan berdoa melakukan kebaikan agar mendapatkan rahmat dan karunia Allah SWT. Aamiin yaa Robbal’Aalamiin… (sms)

Peserta
Tidak Bisa Masuk ?
Catatan :
Isi No. Peserta dan Kata Sandi dengan Nippos atau Nopen Anda.

Agenda kegiatan
Jumlah Peserta / Agustus 2019

Peserta Aktif = 12.472 orang
Peserta Yg Berhak atas Pensiun
Ditunda = 443 orang
Pensiunan = 19.831 orang