Berita
PENGAJIAN RUTIN TRIWULANAN
PENGAJIAN RUTIN TRIWULANAN
Senin, 03 Desember 2018 03:22 WIB | Dibaca 183 kali
PENGAJIAN RUTIN TRIWULANAN

 

” ORANG-ORANG YANG DIDOAKAN MALAIKAT ”

 

Bertempat di Ruang Rapat Dapenpos Jl. Tasikmalaya No. 1 Bandung, pada hari Jumat tanggal 16 November 2018 disuasana siang menjelang sore diselenggarakan pengajian triwulanan sebagai bagian dari upaya manajemen untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan seluruh karyawan/karyawati Dapenpos.

Acara dimulai pada pukul 13.30 WIB diikuti oleh seluruh karyawan dan karyawati beserta Pengurus serta Dewan Pengawas Dapenpos sampai menjelang sholat Ashar.

 

Ceramah kali ini disampaikan oleh Ustadz Imam Nuryanto, yang mengupas tema menarik yaitu  “Orang-orang yang didoakan malaikat”.

Dalam ceramahnya, ustadz yang biasa mengisi acara televisi di TV One Bandung memaparkan isi bahwa ada 8 (delapan) golongan orang yang didoakan malaikat yaitu :

 

1.   Orang yang menunggu waktu sholat.

      Dari Abu Hurairah mengatakan, Rasulullah SAW bersabda : “Shalat seseorang secara berjamaah melebihi shalatnya di rumahnya dan di pasar dua puluh derajat lebih, bila salah seorang diantar mereka berwudhu  lalu menyempurnakan wudhunya kemudian datang ke mesjid, tidak membuatnya berdiri kecuali shalat dan tidak ada yang diinginkan selain shalat, maka tiada satu langkahpun kecuali diangkat dengan hal itu derajatnya dan dihapuskan darinya dengan hal itu kesalahannya hingga ia masuk mesjid, maka bila ia masuk mesjid ia berpahala shalat selama shalat itu yang menahannya serta para malaikat mendoakan salah seorang dari kalian selama ia masih berada di tempat duduknya yang ia melaksanakan shalat di tempat itu, para malaikat berdoa : “Ya Allah rahmatilah ia, Ya Allah ampunilah ia, Ya Allah terimalah taubatnya selama ia tidak menyakiti siapapun di sana dan tidak pula berhadast.” (H.R. Muslim).

 

2.   Orang yang berada dishaf pertama.

      Dari Al-Baro bin ‘Azib ia berkata, ‘ Rasulullah SAW biasa memasuki celah-celah shaf dari ujung ke ujung lainnya, seraya mengusap dada dan pundak kami dan beliau bersabda : “Janganlah kalian berselisih yang menyebabkan hati-hati kalian berselisih pula.” Dan beliau bersabda pula “Sesungguhnya Allah dan malaikat bershalawat kepada shaf-shaf pertama.” ( H.R.Abu Dawud).

 

3.   Orang yang berinfaq.

      Dari Abu Hurairah r.a. bahwasanya Nabi SAW bersabda: “Tiada suatu haripun yang semua hamba Allah berpagi-pagi pada hari itu, melainkan ada dua malaikat yang turun (ke bumi), yang satu berkata: Ya Allah, berikanlah kepada orang yang memberikan nafkah akan gantinya, “ sedangkan yang lainnya berkata : “Ya Allah,berikanlah kepada orang yang menahan (hartanya dan enggan menafkahkan) kerusakan (menjadi habis sama sekali).” (Muttafaq’alaih).

 

4.   Orang yang mendoakan kebaikan kepada orang lain

      Dari Abuddarda’r.a. bahwasannya ia mendengar Rasulullah SAW bersabda : “Tiada seorang hambapun yang Muslim berdoa untuk saudaranya tanpa sepengetahuannya yakni yang waktu itu tidak ada disisinya, melainkan malaikat akan berkata: “Engkau juga memperoleh sebagaimana yang engkau doakan itu “ (H.R. Muslim).

      Dari Ummu Salamah ia mengatakan, ‘Rasulullah SAW mengunjungi Abu Salamah dan saat itu pandangannya terbuka, maka Beliau memejamkannya kemudian Beliau  bersabda, “ sesungguhnya ruh itu apabila dicabut pandangan akan mengikutinya, lalu orang-orang dari keluarganyapun gaduh, lalu Beliau bersabda,”Janganlah kalian berdoa atas diri kalian kecuali yang baik karena sesungguhnya para malaikat meng-aminkan atas apa yang kalian ucapkan, kemudian Beliau mengucapkan, “ Ya Allah ampunilah Abu Salamah, tinggikan derajatnya bersama orang-orang yang mendapatkan petunjuk, dan gantilah ia pada keturunannya yang masih hidup serta ampunilah kami dan dia hai Tuhan Pemelihara seluruh alam, luaskanlah ia di kuburnya dan terangilah ia di dalamnya.” (H.R.Muslim).

 

5.   Orang yang menjenguk orang yang sakit.

      Dan Ali ia mengatakan, ‘Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda : ”Siapa yang menengok saudaranya yang muslim, ia berarti berjalan di taman surga hingga ia duduk, maka bila ia duduk, ia diliputi rahmat, dan bila hal itu terjadi pada sore hari  maka ada tujuh puluh ribu malaikat mendoakannya hingga pagi hari.” (H.R. Ibnu Majah, no.1432, Ahmad, no.578)

 

6.   Orang yang mengunjungi saudaranya

      Dari Abu Hurairah r.a. ia berkata : “Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa yang menengok orang sakit atau berziarah kepada saudaranya karena Allah, maka berserulah seseorang yang menyeru : “ Engkau melakukan kebaikan dan baik pulalah perjalananmu, serta engkau dapat menduduki tempat dalam syurga.” (H.R.Tirmidzi).

 

7.   Orang yang makan sahur

      Dari Abu Said Al-Khudriy ia berkata, ‘ Rasulullah SAW bersabda : “Sahur itu makannya adalah barokah, maka janganlah kalian meninggalkannya, walaupun sekedar seteguk air, karena sesungguhnya Allah dan malaikat bershalawat kepada orang-orang yang sahur.” (H.R.Ahmad).

 

8.   Orang yang mencari ilmu

      Dari Abuddarda r.a. katanya : “Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa menempuh suatu jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan untuknya suatu jalan untuk menuju surga, dan sesungguhnya malaikat itu meletakkan sayap-sayapnya kepada orang  yang menuntut ilmu, karena sangat ridha dengan apa yang dilakukan oleh orang itu. Sesungguhnya orang alim itu dinohonkan pengampunan untuknya oleh semua penghuni di langit dan di bumi, hingga ikan-ikan yang ada di dalam air. Keutamaan orang alim atas orang yang beribadah itu adalah seperti keutamaan bulan atas bintang-bintang yang lain. Sesungguhnya para alim ulama adalah pewarisnya para Nabi, sesungguhnya para Nabi itu tidak mewariskan dinar ataupun dirham, sesungguhnya mereka itu mewariskan ilmu. Maka barangsiapa dapat mengambil ilmu itu, maka ia telah mengambil dengan bagian yang banyak sekali.” (H.R. Abu Dawud dan Tirmidzi).

 

Semoga kita termasuk orang-orang yang didoakan malaikat, mendapatkan rahmat, ampunan dan diberikan kemudahan untuk mendapatkan suatu jalan menuju surga. Aamiin yaa Robbal’Aalamiin… (sms)

Peserta
Tidak Bisa Masuk ?
Catatan :
Isi No. Peserta dan Kata Sandi dengan Nippos atau Nopen Anda.

Agenda kegiatan
Jumlah Peserta / Mei 2019

Peserta Aktif = 12.732 orang
Peserta Yg Berhak atas Pensiun
Ditunda = 455 orang
Pensiunan = 19.612 orang