Berita
PENGAJIAN RUTIN DAPENPOS MENJELANG BULAN SUCI RAMADHAN: “MENSYUKURI NIKMAT ALLAH SWT”
PENGAJIAN RUTIN DAPENPOS MENJELANG BULAN SUCI RAMADHAN: “MENSYUKURI NIKMAT ALLAH SWT”
Rabu, 30 Mei 2018 06:33 WIB | Dibaca 191 kali
 PENGAJIAN RUTIN DAPENPOS MENJELANG BULAN SUCI RAMADHAN:  “MENSYUKURI NIKMAT ALLAH SWT”

Menjelang tibanya bulan suci Ramadhan 1439 H, Dapenpos melaksanakan ceramah rutin mingguan pada hari Rabu, 16 Mei 2018 bertempat di Ruang Rapat Dapenpos.  Ceramah diisi oleh Ustad Wawan Hidayat. Kegiatan ini merupakan sebuah kegiatan rohani  yang difasilitasi Dapenpos dalam rangka peningkatan ilmu agama, peningkatan keimanan dan ketaqwaan bagi seluruh insan Dapenpos sebagai bagian dari upaya manajemen dalam peningkatan kualitas manusia seutuhnya.

 

Dalam ceramahnya, Ustad Wawan Hidayat mengajak para karyawan/ti untuk sebanyak mungkin mengingat nikmat Allah, sebagaimana dalam Al Qur’an surat 35:3 yang artinya “Wahai manusia! Ingatlah akan nikmat Allah kepadamu. Adakah pencipta selain Allah yang dapat memberikan rejeki kepadamu dari langit dan bumi ? Tidak ada Tuhan selain Dia; maka mengapa kamu berpaling (dari ketauhidan) ?”.

 

Bila kita diberi kenikmatan yang banyak oleh Allah SWT, tidak ada salahnya kita ber-tahadust bi nikmah atau menceritakan kenikmatan tersebut, memperlihatkan bahwa kita telah diberi kenikmatan dan karunia oleh Allah, dengan cara membagi kenikmatan tersebut kepada orang lain melalui sedekah, berbagi makanan atau membagikan sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain. Inti dari bersyukur adalah meningkatkan amal sholeh. Jadikan keadaan senang menjadi kebaikan, dan keadaan susah menjadi kebaikan pula.

 

Memasuki bulan Ramadhan esok, hendaknya manusia banyak berdoa dan meminta ampun serta menambah amal sholeh. Jadikan bulan Ramadhan menjadi momentum untuk latihan melakukan rangkaian ibadah untuk dipraktekan pada 11 bulan berikutnya.  Shaum melatih orang yang beriman menuju taqwa. Taqwa terdiri dari iman dan  amal. Orang yang beriman tidak akan menyekutukan Allah dengan makhluknya. Q.S. surat Yusuf : 106 menyebutkan bahwa “Dan kebanyakan mereka tidak beriman kepada Allah, bahkan mereka menyekutukanNya”.Q.S. An Nisa : 141 “...Allah tidak akan memberi jalan kepada orang kafir untuk mengalahkan orang-orang beriman”. Allah akan menolong orang-orang yang beriman sebagaimana QS Ar Rum:47.

Orang yang beriman dan beramal shaleh Insya Allah akan mencapai derajat taqwa dan ditolong Allah SWT di akhirat kelak. Di akhir ceramahnya, Ustad Wawan Hidayat berpesan agar kita mensyukuri nikmat Allah dan berusaha meningkatkan iman dan amal shaleh. Semoga kita termasuk orang-orang yang beriman yang akan ditolong Allah SWT, Aamiin Yaa Robbal Alamin.

Peserta
Tidak Bisa Masuk ?
Catatan :
Isi No. Peserta dan Kata Sandi dengan Nippos atau Nopen Anda.

Agenda kegiatan
Jumlah Peserta / September 2018

Peserta Aktif = 13.488 orang
Peserta Yg Berhak atas Pensiun
Ditunda = 483 orang
Pensiunan = 19.223 orang