Berita
Pengajian Triwulanan :
Pengajian Triwulanan :
Selasa, 30 Mei 2017 01:24 WIB | Dibaca 270 kali
Pengajian Triwulanan :

Pada siang hari yang cerah, Jumat tanggal 26 Mei 2017, pukul 13.30 WIB dilaksanakan pengajian rutin triwulan II, sebuah kegiatan rohani  yang difasilitasi Dapenpos dalam rangka peningkatan ilmu agama, peningkatan keimanan dan ketaqwaan bagi seluruh insan Dapenpos sebagai bagian dari upaya manajemen dalam peningkatan kualitas manusia seutuhnya.

 

Pengajian kali ini diisi oleh Bapak ustad Saefudin Abu Mubarak, sedangkan materi ceramah yang  disampaikan berkenaan dengan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1438 H yang akan jatuh pada esok hari, Sabtu, 27 Mei 2017.

 

Dalam ceramahnya, Ustad Saefudin mengupas ayat Al Qur’an yang berkenaan dengan keutamaan bulan Ramadhan, yaitu surat Al Baqarah : 185 yang artinya : ““ Beberapa hari yang ditentukan untuk berpuasa adalah di bulan ramadhan, yaitu bulan waktu diturunkannya Al qur’an sebagai pedoman bagi manusia  dan penjelasan di dalamnya mengenai petunjuk dan pembeda yang hak dan yang batil. Karena itu, barangsiapa yang ada di bulan itu hendaklah ia berpuasa dan barang siapa yang sakit atau dalam perjalanan lalu ia berbuka, wajiblah ia berpuasa kembali di hari lain sebanyak puasa yang ditinggalkannya. Allah menghendaki kemudahan bagimu dan tidak  menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjukNya yang diberikan kepadamu supaya kamu bersyukur”.

 

Berdasarkan ayat ini, terdapat 4 hal keutamaan bulan Ramadhan yaitu :

  1. Bulan Yang Agung

Bulan yang agung artinya bahwa  pada bulan Ramadhan diturunkannya ayat, surat dan al qur’an dengan rincian : diturunkannya ayat (nuzul ayat) yaitu Al Alaq ayat 1-5, diturunkannya surat (nuzul surat) yaitu surat Alfatihah secara utuh, dan nuzul qur’an yaitu diturunkannya al qur’an kepada malaikat kemudian dari malaikat kepada Nabi Muhammad dalam 23 tahun, 10 tahun di kota Madinah dan 13 tahun di kota Mekah.

 

  1. Bulan Yang Penuh Berkah.

Berkah berarti tetap dalam kebaikan. Apabila harta yan kita miliki berkah artinya harta tersebut didapat dengan cara yang halal dan digunakan untuk sesuatu  yang halal pula. Pada bulan Ramadhan segala hal yang bernilai ibadah akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT. Agar ibadah kita terjaga, sebaiknya selalu menjaga pandangan, pendengaran dan lisan agar tetap dalam kebaikan.

 

  1. Bulan Dimana Terdapat Satu Malam yang Lebih Hebat dari Seribu Bulan.

Pada bulan Ramadhan terdapat lailatul qadar atau malam kemuliaan dimana satu malam bernilai 1000 bulan atau sama dengan beribadah selama 83 tahun.  Sebagaimana tercantum dalam Q.S. Al Qadr ayat 1-5 bahwa pada malam itu turun para malaikat dan ruh (jibril) dengan izin tuhanNya untuk mengatur semua urusan.

 

  1. Bulan Qiyam Ramadhan / Tarawih.

Hanya di bulan ramadhan terdapat ibadah sunnah shalat tarawih yang di bulan-bulan selain Ramadhan disebut dengan tahajjud. Untuk itu dianjurkan agar di bulan ini memperbanyak ibadah sunnah shalat tarawih dan ibadah lainnya.

 

Pengajian ditutup dengan doa oleh Ustad Saefudin Abu Mubarak agar umur kita disampaikan ke bulan Ramadhan, mendapat ampunan Allah SWT dan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Pada kesempatan yang baik ini, Dirut Dapenpos atas nama Pengurus memberikan sambutan singkat yang pada intinya mengucapkan selamat menjalankan ibadah shaum di bulan  Ramadhan disertai pesan agar seluruh karyawan/ti dapat menjalankan ibadah shaum dengan khusyu, niatkan bekerja dengan baik dan penuh keikhlasan agar mendapat barokah dan maghfiroh di bulan Ramadhan yang agung. (lsh)

Peserta
Tidak Bisa Masuk ?
Catatan :
Isi No. Peserta dan Kata Sandi dengan Nippos atau Nopen Anda.

Agenda kegiatan
Jumlah Peserta / September 2017

Peserta Aktif = 14.527 orang
Peserta Yg Berhak atas Pensiun
Ditunda = 508 orang
Pensiunan = 18.711 orang