Berita
Pengajian Rutin Triwulanan Dapenpos Bersama Ustadz Imam Nuryanto
Pengajian Rutin Triwulanan Dapenpos Bersama Ustadz Imam Nuryanto
Kamis, 23 Februari 2017 01:54 WIB | Dibaca 232 kali
Pengajian Rutin Triwulanan Dapenpos Bersama Ustadz Imam Nuryanto

Diiringi rintik hujan sebagai bagian dari curahan berkah dan kasih sayang Allah terhadap umatNya, mengawali tahun 2017, hari Rabu siang, 22 Februari 2017 dilaksanakan pengajian rutin triwulan I, sebuah kegiatan rohani  yang difasilitasi Dapenpos dalam rangka peningkatan ilmu agama, peningkatan keimanan dan ketaqwaan bagi seluruh insan Dapenpos sebagai bagian dari upaya manajemen dalam peningkatan kualitas manusia seutuhnya.

 

Pengajian kali ini diisi oleh Bapak ustad Imam Nuryanto, seorang ustadz muda, yang menjabat sebagai mudir Mahad al mujaddid dan mengisi kajian di berbagai majelis taklim di Bandung.

Materi ceramah yang  disampaikan kali ini mengenai “Pentingnya Mencari Hidayah  Allah SWT”.  Berbicara tentang hidayah, banyak ayat al qur’an yang menerangkan mengenai hal ini.  Diantaranya, bahwa hidayah hanya diberikan Allah kepada siapa yang Dia kehendaki, sebagaimana Allah SWT berfirman dalam qur’an surat Al Qasas (surat ke- 28 ayat 56) yang artinya “ Sungguh, engkau (Muhammad) tidak dapat memberi petunjuk kepada orang yang engkau kasihi, tetapi Allah memberi petunjuk kepada orang yang Dia kehendaki dan Dia lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk”. 

Dalam ceramahnya, Ustad Imam menyatakan bahwa sejak manusia dilahirkan, sudah mendapatkan hidayah Allah berupa hidayah ilham. Misalnya ketika bayi merasa lapar, maka ia akan menangis. Reaksi menangis adalah hidayah ilham yang diberikan Allah tanpa diajari oleh orang tuanya.  Terdapat beberapa hidayah lain yang diberikan Allah SWT kepada umatNya yaitu : Hidayah Hawas berupa hidayah untuk dapat melihat, mendengar, mencium, atau hal yang berkaitan dengan panca indra manusia. Hidayah aqli yaitu manusia diberi kemampuan untuk berfikir dan hidayattuddin atau hidayah agama.

Agar manusia mendapatkan hidayah Allah SWT, maka hal-hal yang harus dilakukan adalah :

  1. Membaca, mempelajari, memahami dan mengamalkan Al Qur’an dan hadist.
  2. Memohon  kepada Allah SWT melalui doa agar selalu dibimbing olehNya. Doa tersebut terdapat dalam Q.S. AL Imran (3) ayat 8 “Robbana laa tuzigh quluubanaa ba’da idz hadaitanaa wa hablanaa mil ladungka rohmah, innaka antal wahhaab, yang artinya “ Ya Tuhan kami, janganlah Engkau condongkan hati kami kepada kesesatan setelah Engkau berikan petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi”.
  3. Memilih lingkungan yang baik yang mampu mendukung serta mendorong untuk selalu istiqomah di jalan Allah.
  4. Selalu meningkatkan dan memperbaharui iman.

Agar hidup selamat dan mendapatkan hidayah Allah SWT, maka harus selalu  berada di jalan yang lurus yang akan mengantarkan kita kepada kehidupan yang abadi di akhirat kelak dengan berpegang teguh kepada agama Allah yang diwariskan  kepada  Rasulullah yaitu Al Qur’an dan Al Hadits.

Seiring dengan redanya hujan di sore hari, selesailah ceramah dari ustadz Imam Nuryanto. Semoga kita termasuk orang-orang yang selalu diberi hidayah oleh Allah SWT. (lsh)

Peserta
Tidak Bisa Masuk ?
Catatan :
Isi No. Peserta dan Kata Sandi dengan Nippos atau Nopen Anda.

Agenda kegiatan
Jumlah Peserta / September 2017

Peserta Aktif = 14.527 orang
Peserta Yg Berhak atas Pensiun
Ditunda = 508 orang
Pensiunan = 18.711 orang